Friday, August 03, 2007

Outlook.Hari.Ini..!!

What will happen at the Asia must be concerned of the Asian data..

Semalam terjadi perlawanan yg cukup memberikan arti bagi pasar finansial dan index saham baik FTSE maupun Dow Jones karena apa yg ditunggu oleh pasar mengenai data rate bagi kedua jawara pair tahun ini EUR dan GBP mengalami penekanan yg cukup serius.. Meskipun demikian pada sesi penutupan pasar NY semalam cukup memberikan dukungan penuh atas kembalinya transaksi carry trade antara EUR/JPY dan GBP/JPY. Sehingga memberikan peluang kenaikkan yg cukup signifikan bagi kedua major pairs tersebut pada saat penutupan sesi NY semalam.

USD
Tidak bereaksinya USD semalam dengan seluruh data yg dirilis dimana sebagian besar data-data tersebut yg biasanya mampu menambah kekuatan USD justru membuat USD dalam tekanan yg cukup berarti karena masalah subprime mortgage yang kembali berkembang mengingat di saat yg sama fokus pasar kembali beralih pada rate US yang saat ini dalam proyeksi pemangkasan..
Adanya pertemuan US Senate Banking dengan 3 calon kandidat FED yg akan mengisi posisi subprime mortgage department bagi seluruh negara bagian mengalami kebuntuan..karena para calon kandidat tidak memberikan komentar akan tindakan suku bunga dan inflasi yang terjadi karena pemangakasan FED beberapa bulan silam..

FED watcher Greg Ip juga memberikan pernyataan semalam mengenai keadaan beberapa data yang cukup melemahkan prilaku pasar finansial dan sepertinya FED akan kembali pada masalah semula yaitu Inflasi. Ip juga menyebutkan mengenai kredit yang semakin melebar ditambah kebobrokan dalam kinerja saham merupakan cerminan dari kebijakan yang ada, tetapi akan kembali menjadi titik dasar bagi FED dalam merancang perbaikkan kebijakan ekonomi dan bukannya suatu perubahan fundamental.

Saya rasa FED saat ini harus kembali mewaspadai reaksi dan tindakan pasar tanpa memperlihatkan keinginan dalam memangkas suku bunganya guna menstabilkan perekonomian.

Sesuai dengan statement dari Ip diatas bahwa beberapa data US yang akan dirilis tidak memberikan angin segar, senada dengan outlook semalam bahwa data manufakturinglah yang menopang USD selama ini diproyeksikan akan kembali meningkat..
Justru jika saya diijinkan memberi pendapat, bukan payroll yang akan menjadi fokus utama malam nanti tapi kelanjutan dan keseriusan pemerintah US akan kembali tercermin dalam data average earning dan average work week serta manufacturing payroll yang jika dirilis positif akan kembali melambungkan USD namun jika di rilis negatif maka akan kembali menekan USD dalam titik lemah beberapa tahun terakhir ini..
Data-data tersebut akan dirilis pada pukul 19.30 WIB.

GBP
Kekecewaan kembali melanda kubu GBP semalam setelah pengumuman penahanan terhadap rate di level yg sama pada ertemuan sebelumnya yaitu 5.75% seperti yang telah diproyeksikan oleh para analis..hal inilah yang kembali membuat GBP bergerak tertahan di sesi Asia dan Eropa.
Namun kembali menanjak pada sesi penutupan market NY karena aksi carry trade yang kembali merebak ditengah isu subprime mortgage US dimana para kandidat sepertinya kurang mampu mengendalikan kredit yang terlalu melebar.

Disisi lain yang menjadi penunjang kenaikkan bagi GBP pada sesi NY adalah proyeksi harga rumah yang merupakan salah satu indikator terpenting dalam inflasi akan mengalami penurunan di tengah tahun ini. Halifax UK house price menunjukkan angka yg cukup signifikan untuk periode Juli. Hal ini hampir serupa dengan apa yang dilaporkan oleh Nationwide (9.9% y/y utk Juli dari 11.1% pada Juni) dan memberikan pandangan bahwa 25bps kenaikkan lalu yang telah dilakukan oleh BoE telah memberikan efek yan sangat nyata kepada sektor perumahan. Yang mengindikasikan akan adanya penurunan terhadap inflasi.

Tetapi jika kita melihat data berikutnya, index RICS home sales-to-unsold yang tengah mengalami penurunan pada level 0.39 dari 0.47 high point digabungkan dengan data Halifax house price inflation series/Nationwide rilis data tersebut menunjukkan penurunan inflasi harga rumah hingga tengah tahun ini.

Akan menjadi semakin sederhana karena suku bunga fixed yang diberikan kepada pengembang akan berakhir dalam tahun ini. Hal inilah yang kembali akan memaksa mereka (pengembang) menjual rumah dengan harga yang cenderung memberikan pilihan manarik dari beberapa bulan
sebelumnya. Tetapi, disisi lain berlawanan dengan adanya ketakutan perubahan, penurunan perlahan yang terjadi pada housing market sangat dilemma karena akan kembali memberikan goncangan bagi pasar tenaga kerja dan berputar kembali dalam ketidakseimbangan antara demand/supply.

Data yang akan dirilis sore (15.30 WIB) nanti adalah CIPS PMI yang diproyeksikan oleh pasar kembali melemah..

Patut diwaspadai kinerja cross-rate EUR/GBP yg kembali menyemarakkan aksi carry trade setelah absent dari kegiatan yg membingungkan pasar karena masalah adanya isu kredit macet dan krisis yang dihadapi oleh Perbankan Jerman ternyata tidak terjadi pada salah satu perusahan peminjam terbesar IKB (IKBG.DE).
Hal tersebutlah yang kembali mengajak EUR kembali menanjak sesaat setelah pernyataan resmi dari Presiden Bundes Bank Alex Weber semalam.

Semoga bermanfaat en sukses selalu

No comments: